Cara Meningkatkan Kontrol Diri Agar Terhindar Dari Lapar Mata

Lapar mata adalah suatu kebiasaan yang mana saat melihat suatu makanan yang menarik dan sedap ada rasa ingin untuk memakannya. Padahal, makanan tersebut belum tentu dibutuhkan oleh tubuh kita. Mungkin bisa jadi, makanan tersebut malah dapat menimbun lemak pada tubuh. Hasilnya adalah berat badan kamu akan berlebih.

Ternyata hal ini terjadi dikarenakan beberapa faktor yang mendorong terjadinya lapar mata. Dalam acara healty talkshow di SCTV Tower Psikolog LightHOUSE Indonesia menyebutkan bahwa faktor yang menyebabkan lapar mata adalah culture (budaya, red), alam bawah sadar, personality, dan habit (kebiasaan).

1. Culture (budaya)

Budaya disuatu tempat ternyata sangat berpengaruh terhadap pola makan seseorang. Karena situasi dan kondisi masyarakat setempatlah yang dapat dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.

2. Alam Bawah Sadar

Tahukah kamu bahwa seseorang yang sering melihat makanan yang sangat menarik dan lezat tentunya akan sangat ketagihan untuk mencicipinya. Dan jika hal ini berlangsung terus menerus maka secara tidak langsung alam bawah sadar kita akan menyuruh untuk menikmatinya.

3. Personality

Hal ini dipengaruhi oleh sikap pribadi manusianya sendiri karena seperti yang kita ketahui bersama karakter dan kepribadian seseorang itu pastinya berbeda-beda. Cara makannya pun berbeda-beda jadi untuk tingkat lapar matanya pun berbeda-beda.

4. Habit (kebiasaan)

Kebiasaan ini biasanya sudah dilakukan sejak kecil oleh seseorang. Karenanya lapar mata yang dialami oleh orang tersebut susah sekali diatasi. Bisa saja diatasi dengan cara kontrol diri dan niat yang kuat.

Oleh karena itu, seseorang harus bisa mengontrol diri agar tidak lapar mata hal ini bertujuan menjaga pola makan yang sehat. Sebab, jika seseorang tidak dapat mengontrol lapar matanya hal ini akan berdampak pada tubuh, misalnya overweight ataupun obesitas.

Sebenarnya Apa Sih Kontrol Diri Itu?

salemwebnetwork.com
salemwebnetwork.com

Kontrol diri adalah kemampuan seseorang untuk dapat mengendalikan hasrat, keinginan, dan emosi tertentu yang kurang tepat untuk diri sendiri ataupun untuk mencapai tujuan yang lebih baik.

“Jika tidak ada kontrol diri hal ini dapat menyebabkan binge eating atau makan yang berlebihan, ataupun lapar mata. Sementara jika kontrol dirinya terlalu ketat bisa terjadinya anoreksia. Yang benar adalah yang moderat, sedang-sedang saja”, ujar Tara.

Tara de Thouars adalah seorang psikolog dari LightHouse Indonesia. LightHouse Indonesia merupakan klinik penurunan berat badan yang sudah terpercaya dan teruji lebih dari 11 tahun. Klinik ini membantu klien dengan masalah kelebihan lemak dan nafsu makan tak terkontrol, untuk mencapai berat ideal serta meningkatkan kontrol diri.

Untuk mengunjunginya silahkan klik LightHouse Indonesia

Cara Meningkatkan Kontrol Diri Agar Tidak Lapar Mata

1. Dengarkan Apa Kata Tubuh

healthyway.com
healthyway.com

Maksudnya adalah dengar apa yang tubuh katakan pada kamu, contohnya jika perut kamu bunyi itulah saatnya kamu boleh makan. Jadikanlah bunyi perut ini sebagai acuan saat kamu ingin makan, karena dengan begitu kamu juga dapat menghemat anggaran dana dan waktu.

2. Makan Saat Emosi Kamu Sedang Bagus

discovermagazine.com/
discovermagazine.com/

Biasanya ada orang-orang tertentu yang saat mereka ketakutan, sedih, kecewa, stres ataupun bosan melampiaskan emosinya ini lewat makanan. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh karena apa saat emosinya mereka memuncak mereka tidak memikirkan lagi apa dampak dari hal tersebut.

Nah, solusinya adalah saat kamu makan usahakan emosi kamu berada di tingkat baik. Jika tidak maka kamu akan ada kecenderungan untuk gemuk dalam waktu yang sangat singkat.

3. Jaga Stamina dalam Tubuh

huffpost.com
huffpost.com

Di dalam tubuh manusia terdapat dua hormon yaitu leptip dan ghrelin yang dapat mempengaruhi dan mengontrol rasa lapar dan kenyang. Kelelahan pada tubuh dan rasa kantuk yang berat dapat menyebabkan jumlah leptin menurun cukup drastis, sehingga otak akan terstimulasi untuk merasa lapar dan ingin makan.

Oh iya, hal ini terjadi biasanya saat malam hari, wajar saja jika kamu kelelahan ujung-ujungnya ngemil deh. Disarankan untuk kamu sebaiknya jika tidak ada aktivitas yang penting saat malam hari langsung tidur saja, agar kamu tidak ngemil dan tidur jauh malam. Tentunya hal ini akan berdampak pada kondisi tubuh kamu esok hari.

Nah, begitulah cara meningkatkan kontrol diri agar kamu tidak lapar mata. Tulisan ini saya buat agar kamu-kamu bisa terus sehat dan kuat. Semoga bermanfaat ya. 😀

Leave a Comment