Makanan Khas Pontianak

Makanan Khas Pontianak yang Tak Pernah Habisnya

Makanan Khas Pontianak – Pontianak itu tidak hanya terkenal akan sungainya aja yang panjang. Tapi, ada juga makanan khas pontianak dan beberapa keajaiban kota (landmark) dari kota Pontianak itu sendiri.

Kota Pontianak yang mengusung “Pontianak Kota Bersinar” bukanlah suatu jargon saja namun terbukti dengan penataan kota yang baik, taman-taman, tempat hiburan, cafe dan lokasi tempat makannya. Jika kamu ke kota ini pastinya kamu akan mendapatkan pengalaman yang tidak bisa dirasakan di kota lain, seperti panasnya terik matahari, wisata sungai kapuas, dan wisata kulinernya.

Berbicara tentang wisata kuliner di Kota Pontianak memiliki makanan khas pontianak yang dapat menggugah selera dan hati kamu, pastinya. Apalagi jajanan disini cukup unik, mulai dari pisang isi srikaya, bingke berendam, tempoyak, dll. Nah, di bawah ini beberapa makanan khas pontianak yang bisa membuat kamu cinta dengan kota ini.

Makanan Khas Pontianak

1. Kue Bingke

Makanan Khas Pontianak
bingkedelima.com

Bingke yang terbuat dari campuran terlur, santan, sedikit terigu, dan gula pasir. Kue tradisional ini juga populer di kalangan turis yang datang ke pontianak, sehingga dijadikan buah tangan khas daerah ini. Meski bergitu, bingke juga bisa ditemukan di kota-kota besar seperti Yogyakarta.

Bahan utama dari kue bingke Pontianak cukup sederhana. Seperti:
1. Tepung terigu
2. Telur
3. Santan
4. Gula pasir
5. Garam

Ada juga kue bingke yang dipanggang, ada pula yang dikukus yang dinamakan Bingke berendam (bahasa pontianak).

Kue bingke merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras, telur, gula dan santan. Sebelum disajikan, kue bingke biasa nya harus dipanggan dua kali baru bisa di hidangkan. Setidaknya butuh waktu 1 jam untuk memanggang kue bingke.

2. Sotong Pangkong

Makanan Khas Pontianak
kabarinews.com

Di Pontianak memiliki satu makanan khas pada saat bulan Ramadhan. Yaitu cumi kering atau akrab di sebut sotong pangkong. Warga Pontianak biasa menyebutnya sotong pangkong sebab sebelum disajikan cumi dipukul-pukul atau di pangkong dalam bahasa Pontianak nya.

Makanan ini terbuat dari cumi yang dikeringkan lalu dibakar dengan mengunanakan arang, setelah dibakar cumi atau sotong tersebut dipukul-pukul mengunakan palu. Kenapa dipukul-pukul tujuannya adalah agar rasanya gurih dan nikmat.

Rasa sotong pangkong ini sangatlah gurih dan pengolahannya pun unik. Setelah di bakar cumi atau sotong dipukul-pukul menggunakan palu. Setiap bulan Ramadhan di Jalan Merdeka Kota Pontianak banyak ditemukan pedagang kali lima yang menyajikan makanan khas Pontianak ini.

Sotong Pangkong akan terasa nikmat apabila dimakan dengan saos cabe dan cuka sehingga rasanya bercampur, asin gurih,dan pedas. Penyuka sotong pangkong ini sangat beragam mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Masyarakat Pontianak selalu menyempatkan diri untuk menikmati sotong pangkong, karena sotong pangkong ini hanya bisa ditemukan setiap bulan Ramadhan saja.

3. Tempoyak

Makanan Khas Pontianak
cultureindonesianpeople.blogspot.com

Tempoyak adalah makanan yang berasal dari Durian yang difermentasi. Tempoyak merumakan makanan khas Pontianak yang biasa dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Tempoyak juga bisa dimakan langsung, tetapi hal ini sangat jarang sekali dilakukan masyarakat pontianak karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak. Ternyata tempoyak juga biasa dujadikan bumbu masakan.

4. Lempok Durian

Makanan Khas Pontianak
menuresepmasakan.com

Lempok Durian adalah makanan khas Pontianak yang terbuat dari buah durian dan sedikit ditambahkan gula. Karena cita rasa legitnya yang khas lempok durian banyak digemari oleh banyak kalangan. Baik itu kalangan menengah kebawah hingga menengah keatas.

5. Kue Tart Susu

Makanan Khas Pontianak
tokopedia.com

Tart Susu adalah salah satu makanan khas Pontianak. Cita rasa yang sangat enak, lembut dan sederhana. Karena cita rasanya itulah kue tart susu menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Pontianak. Kue tart susu sendiri biasa dijumpai pada toko aneka kue yang buka setiap pagi.

Kue tart susu juga biasa sebagai hidangan pembuka pada saat walimahan, seminar, dll.

Itulah beberapa makanan khas pontianak, bagi teman-teman yang mau menambahkan, silahkan komen di bawah ya, atau bisa juga kirim ke miftajak@gmail.com. Saran dari teman-teman bisa membuat saya lebih semangat dalam menulis. Makaseh, Salam kenyang. 🙂

Leave a Comment