Kita ini Pendosa

Kita ini pendosa, hm. Ada yang nggak punya dosa? Boleh komen di bawah, hihi. Kita adalah manusia yang kadang dan mungkin pasti melakukan suatu perbuatan yang melanggar aturan, baik itu kecil maupun kecil right? Aturan disini adalah aturan Allah ya, yang mutlak.

Kalau sudah mutlak itu sudah pasti dosa, Dosa sendiri adalah suatu perbuatan yang melanggar aturan yang sudah ditetapkan Allah. Orang yang melanggar aturan ini banyak macamnya ada yang sengaja, tidak sengaja, dalam keadaan sadar, dan kadang tidak sadar.

Hal ini tergantung dari pribadi orangnya sendiri, tergantung dari cara pandang, dan pemahaman agamanya. Karena seorang dapat meminimalisir dosanya adalah dengan memperbanyak ilmu agama dan mentabburi Al-quran. Ilmu agama dapat kamu temukan di majelis ilmu, biasanya sih di Masjid-masjid atau kumpulan organisasi muslim.

Disana kamu dapat mengupgrade diri dengan baik, dan kamu juga dapat bertanya sepuasnya, baik itu kegundahan hati, kegelisahan, dan macam ragam. Eits, tapi lebih baik carilah majelis ilmu yang baik dan satu fikroh dengan pemikiran karena ada juga majelis ilmu yang mengarahkan ke arah yang kurang baik.

***

Balik lagi ke Kita ini Pendosa, jika kita sudah sadar dengan diri kita atas kekurangan diri baik dari segi ilmu maupun pemahaman ada baiknya segera membenahi diri. Apalagi jika kamu seorang muslim, dan sebaik-baiknya muslim adalah yang mentaati aturan Allah.

“Setiap orang diantara kamu sekalian melakukan kesalahan, dan sebaiknya-baiknya orang yang melakukan kesalahan adalah beraubat” HR. Ahmad

Berbekal hadits di atas lah saya memutuskan untuk menulis artikel ini, bahwa jika kita sudah tau melakukan dosa sebaiknya bertaubat, ya minimal istigfar 30x sehari, habis sholat. Jika dirutinkan Insyaa Allah kehidupan kita akan menjadi lebih baik.

Karena di kehidupan yang sementara ini kita tidak tahu kapan kita akan di panggil oleh Allah, bisa saja beberapa detik lagi, beberapa menit, beberapa jam, beberapa hari, beberapa hari, beberapa minggu, beberapa bulan, beberapa tahun. Nggak ada yang tahu, nah sebelum itu terjadi ada baiknya kita menyesali perbuatan kita dengan bertaubat.

Paling sederhana ya, istigfar setiap hari, baca wirid pagi dan petang, sholat taubat, dll. Untuk referensinya kamu dapat searching di google karena sudah banyak yang menjelaskannya. Hihi.

Mungkin itu aja saja, artikel ini saya buat untuk menginggatkan diri saya sendiri dan mungkin ada temen-temen yang baca kali agak mau ikut sama-sama bertaubat sama-sama. Semoga bermanfaat ya.

1 thought on “Kita ini Pendosa

  1. Karena setiap hari kita tak luput dari dosa makanya KERJAAN UTAMA KITA YAITU SHOLAT 5 WAKTU dengan harapan InsyaAllah akan dirampingkan dan dihapuskan seluruh dosa yang telah diperbuat. Kerjaan yang lainnya saat ini hanyalah selingan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.