Memaknai Motto Pontianak Kota Bersinar

Pontianak adalah sebuah nama ibu kota dari Provinsi Kalimantan Barat yang terkenal akan keindahan sungai dan warga-warga nya yang sangat eksotis. Tidak hanya itu kota Pontianak juga memiliki beberapa ikon yang dapat dibanggakan di kancah nasional.

Mungkin beberapa diantara dari ikon-ikon tersebut akan saya ceritakan sedikit ya agar kamu dapat mengetahuinya secara singkat, hehe. Oh iya beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Sungai Kapuas

Sungai Kapuas Kota Pontianak
Sungai Kapuas – blogs.uajy.ac.id

Salah satu ikon kota Pontianak yang terkenal yaitu Sungai Kapuas nya yang panjang. Sungai kapuas pun dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Indonesia. Luas sungai kapuas sendiri kurang lebih 107 km² dan memiliki penduduk sekitar 564.742 jiwa.  Tidak salah bahwa kota ini menjadi Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat.

Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa Pontianak
Tugu Khatulistiwa – khatulistiwapark.com

Kota Pontianak tidak hanya memiliki sungai terpanjang di Indonesia, ada juga Tugu Khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa ini juga salah satu ikon wisata di kota Pontianak yang paling fenomenal setelah Sungai Kapuas. Jika kamu ke kota Pontianak pada tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September maka kamu akan menyaksikan suatu fenomena alam yaitu kulminasi.

Kuliminasi adalah suatu peristiwa Matahari yang tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu terjadi posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda yang ada dipermukaan bumi. Saat terjadi kulminasi tersebut bayangan tugu akan menghilang beberapa detik saat diterpa Matahari. Begitu juga dengan bayangan kamu dan benda-benda lain disekitar tugu.

Oh iya, seperti halnya kota-kota lain kota Pontianak juga memiliki Motto yang sangat unik yaitu Pontianak Kota Bersinar. Walaupun sebenarnya saya tidak tahu betul apa maksud dari Pontianak Kota Bersinar ini. Haha, karena memang motto ini hanya dapat kamu lihat di pintu Gerbang Selamat Datang di Kota Pontianak di Jl. Ahmad Yani dekat kantor POLDA.

Pontianak Kota Bersinar
Pontianak Kota Bersinar – ericopieter.blogspot.com

Motto Pontianak Kota Bersinar

Motto Pontianak Kota Bersinar ini memiliki arti yang sangat dalam. Serta harapan-harapan yang begitu besar bagi masyarakat yang mencintai kota ini. Walaupun terik matahari di kota ini juga dapat menyayatkan hati tidak hanya kulit saja. Haha, tapi jangan salah kota ini juga melahirkan banyak generasi muda yang sangat berbakat nan cakep.

Motto ini sangat erat dengan harapan-harapan masyarakat tentang kota ini. Cita-cita untuk menjadikan kota pontianak kota bersinar kini lamban laun sudah mulai terlihat adanya. Hal ini juga terlihat dari kemajuan dan perkembangan kota Pontianak sekarang.

Jika kita kembali kepada motto Pontianak Kota Bersinar banyak masyarakat Pontianak khususnya yang masih belum paham dan mengerti apa sih maksud bersinar itu. Kata “Bersinar” memiliki arti bersih, sehat, indah, nyaman, aman, dan ramah.

Hal ini dimaksudkan agar kota Pontianak tercinta ini terus tumbuh menjadi kota yang makmur, bersih dari sampah-sampah, aman dari gangguan kejahatan, indah akan tempat-tempat yang menyejukkan hati, nyaman untuk didiami, dan masyarakat yang ramah-ramah menyambut kedatangan warga-warga lainnya.

Nah, itulah beberapa cerita tentang Pontianak Kota Bersinar serta hiruk pikuknya kota ini. Sebenarnya masih banyak yang ingin saya ceritakan kepada kamu, namun mungkin di lain artikel saja ya. Semoga bermanfaat untuk kamu yang membaca artikel ini dan jangan lupa untuk di share ya. Share aja yang penting bisa bermanfaat untuk kamu dan yang lainnya.

Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba “Pontianak Kota Bersinar

Sablon Kaos Murah

Blogger Borneo Network

MARICI
Makanan ringan cianjur
Pemesanan : 085793343845

6 thoughts on “Memaknai Motto Pontianak Kota Bersinar

Leave a Comment