Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia

Pontianak, pernahkah kamu mendengar nama Pontianak sebelumnya? Pontianak adalah ibukota provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Pontianak juga dikenal sebagai Kota Khatulistiwa dikarenakan kota ini dilalui garis Khatulistiwa maka tidak heran jika pada tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September terjadi Kulminasi.

Peristiwa alam ini dijadikan sebagai event tahunan yang terus di agendakan oleh pemerintah setiap tahunnya dan hal ini juga menarik wisatawan untuk datang ke kota ini. Tidak hanya kulminasi yang menjadi daya tarik kota ini, masih banyak tempat wisata di Pontianak yang dapat membuat kamu bahagia.

Oh iya sebelum itu saya akan jelaskan sedikit apa sih kulminasi itu. Kulminasi sendiri adalah fenomena alam yang terjadinya saat matahari persis di atas jalur khatulistiwa. Makanya kota Pontianak disebut Kota Khatulistiwa. Saat titik ini, posisi matahari akan menghilangkan bayangan benda apapun yang ada di atas bumi.

Kulminasi hanya salah satu tempat wisata yang ada di Pontianak, namun kehadirannya tidak setiap hari hanya dua kali dalam setahun. Nah, sekedar informasi bahwa Kota Pontianak juga terkenal dengan wisatanya. Tidak heran sebagian orang menganggap Kota Pontianak adalah kota wisata.

Kenapa bisa dikatakan seperti itu? Menurut Berita Terbaru kota Pontianak sendiri memiliki beberapa tempat wisata yang paling menarik. Kira-kira apa saja sih wisata nya, mari kita lihat. Sebelum itu mari dengarkan lagu kebanggaan kota Pontianak dulu ya, sambil bacanya.. 🙂

“Sungai Kapuas”

 

Wisata Religi di Kota Pontianak

Masjid Jami

Masjid Jami Pontianak
flickr.com

Masjid Jami’ ini juga dikenal di masyarakat Pontianak khususnya dengan nama Masjid Sultan Syarif Abddurahman. Masjid Jami ini adalah masjid tertua di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Ketika kamu mengunjungi masjid ini kamu akan merasakan sensasi sejarah yang sangat dalam. Karena masjid ini satu dari dua bangunan yang menjadi tanda berdirinya Kota Pontianak pada tahun 1771 Masehi.

Keraton Kadriah

Keraton Kadirah Pontianak
kratonpedia.com

Jika kamu mengunjungi kota Pontianak jangan lupa untuk berkunjung ke Istana Kadariyah. Istana ini adalah bekas peninggalan kesultanan Pontianak yang didirikan oleh Sultan Syarif Abdurrahman Al-Qadrie pada tahun 1771. Sultan Syarif Abddurahman adalah keturunan Rasulullah SAW dari Imam Ali ar-Ridha.

Di istana ini kamu akan menemukan benda peninggalan seperti Singahsana, Kaca Pecah Seribu, Al-Quran tulisan tangan dan salasilah keturan Sultan Pontianak dari sultan pertama. Tidak hanya itu di dalam istana juga memiliki sebuah ruangan yang menjorok ke depan, ruangan ini dulunya digunakan oleh Sultan untuk tempat peristirahatan atau sekedar menikmati keindahan pemandangan Sungai Kapuas.

Masjid Raya Mujahidin

Masjid Raya Mujahidin Pontianak
ericopieter.blogspot.com

Masjid Raya Mujahidin adalah masjid terbesar yang ada di Provinsi Kalimantan Barat. Pada mulanya masjid ini memeliki sejarah panjang dan sangat berliku. Namun, setelah menempuh waktu yang cukup lama akhirnya pendirian masjid ini pun menjadi beres dan diresmikan oleh Presiden Indonesia saat itu di masa pemerintahan Soeharto pada tahun 1978.

Sejarah yang panjang dalam pembangunan masjid ini juga menjadi daya tarik para umat muslim yang ada di kota Pontianak juga manca negara. Sejarah penamaan Mujahidin ini pertama kali diusulkan oleh Achmad Mawardi Djafar, dengan pemikiran untuk mengabadikan perjuangan kaum muslimin dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Masjid Raya Mujahidin berada di pusat kota Pontianak yaitu di Jalan Jend. Ahmad Yani Pontianak, Pontianak, Indonesia. Nah, jika kamu ke kota Pontianak mengunjungi Masjid ini adalah hal yang wajib. Karena mengingat kemegahan dan keindahan arsitektur dari bangun ini. Selamat berwisata.

***

Wisata Kreasi di Kota Pontianak

Alun-Alun Kapuas

Alun-Alun Kapuas Pontianak
kompasiana.com

Tahukah kamu bahwa di Pontianak memiliki sungai terpanjang di Indonesia yaitu sungai kapuas. Sungai ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai jalur transportasi air. Tidak hanya dijadikan sebagai jalur transportasi, tepian sungai ini juga dimanfaatkan oleh pemerintah setempat untuk dijadikan taman rekreasi.

Tempat rekreasi ini sering disebut masyarakat setempat dengan nama Taman Alun-Alun ataupun Korem. Kenapa korem karena di depan taman ini terdapat markas Korem (Komando Resort Militer) yang ada di tengah kota. Makanya masyarakat kota Pontianak menyebut taman ini sebagai korem.

Taman alun-alun ini biasanya paling ramai di kunjungi pada waktu sore dan malam hari. Biasanya masyarakat yang berkungjung kesini untuk menghabiskan waktu ataupun berakhir pekan bersama keluarga ataupun pasangannya.

Nah, untuk kamu yang suka berpetualang sudak selayaknya mengunjungi wisata satu ini karena apa? Disini kamu akan menemukan pemandangan yang sangat romantis pada saat sore hari pas saat matahari tenggelam. Wuish, keren bukan, selamat menikmati.

Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa Pontianak
indahnuria.com

Tugu Khatulistiwa adalah sebuah penanda bahwa daerah ini dilalui oleh garis imajiner Khatulistiwa, beruntunglah tugu Ini dibangun di Kota Pontianak sehingga menjadikan kota Pontianak sebagai Kota Khatulitiwa. Tugu Khatulitiswa dapat kamu temukan di Jalan Khatulistiwa, Kelurahan Siantan, Kecamatan Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Tugu ini juga menjadi salah satu ikon wisata di kota Pontianak maka tidak heran seringkali masyarakat sekitar maupun wisatawan berkunjung ke Tugu ini.

Jika kamu mengunjungi tugu ini pada tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September kamu akan menyaksikan fenomena alam ketika matahari akan berada diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayang benda-benda dipermukaan bumi, fenomena ini biasa dikenal sebagai Titik Kulminasi.

Kulminasi terjadi kurang lebih 5-10 menit saja, walaupun sebentar pastinya akan memberikan pengalaman yang sangat luar biasanya. Nah, serunya lagi jika kamu datang pas tanggal di atas tidak hanya Kulminasi yang didapatkan namun juga Festival Kulminasi Matahari. Jadi, tunggu apalagi yuk ke Pontianak.

***

Wisata Kuliner di Pontianak

Bubur Pedas

Bubur Pedas
gambarwisata.com

Jika kamu pergi ke kota Pontianak tidak lengkap rasanya kalau kamu tidak mencicipi kuliner satu ini. Bubur Pedas sendiri adalah masakan khas suku Melayu Sambas, salah satu kabupaten di Kalimantan Barat. Makanan ini tidak sepedas namanya karena makanan ini memiliki beragam sayuran dan rempah di dalamnya seperti kangkung, daun pakis, jagung yang dipipil, kentang, daun kunyit, dan daun kesum.

Tidak hanya itu bubur pedas juga dilengkapi dengan kacang dan ikan teri yang terlebih dahulu digoreng secara matang. Lezatnya bumbu dan aroma yang sangat beragam menjadikan rasa bubur ini tidak hanya gurih, namun memberikan kelengkapan gizi bagai pecinta sayur mayur.

Salah satu tempat yang menyediakan bubur pedas paling terkenal di Pontianak adalah Bubus Pedas Pa’ Ngah. Tempat ini terletak di jalan Komyos Sudarso, Gg. Jagung no 1. Tempat ini lebih dikenal di daerah jeruju oleh masyarakat Pontianak. Pa’ Ngah dibuka dari pukul 09.00 sampai 22.00. Oh iya, sampai lupa. Untuk harganya berkisar antara harga 7.000 sampai 9.000 rupiah. Harga ini sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Sotong Pangkong

Sotong Pangkong Pontianak
kabarinews.com

Jika kamu ke Pontianak pada saat bulan Ramadhan maka tak lengkap rasanya jika tidak mencoba kuliner satu ini. Ya, Sotong Pangkong. Kuliner khas ini disebut sotong pangkong, karena cumi-cumi yang telah dikeringkan dipanggang di atas bara api setelah itu dipukul-pukul dengan palu atau biasa masyarakat Pontianak menyebutnya pangkong.

Kuliner ini hanya dapat kamu nikmati saat bulan Ramadhan. Rasanya sendiri sangat gurih dan dihidangkan dengan sambal cuka ataupun kacang. Kalau kata masyarakat pontianak makan tanpa sambal itu kurang nikmat.

Nah, kuliner ini sendiri dapat kamu temukan di Jl. Merdeka Pontianak, hampir setiap pinggir jalan menyediakan kuliner ini. Mulai dari anak-anak hingga dewasa suka dengan kuliner satu ini. Oh iya, jam buka nya sotong pangkong ini mulai dari jam 4 sore hingga jam 12 malam dan ada juga kios-kios yang buka hingga subuh.

Untuk harganya sendiri sangat bervariatif ya, tergantung dari ukurannya. Mulai dari belasan ribu hingga puluhan ribu rupiah. Kalau ke Pontianak jangan lupa singgah ya, Informasi Terkini menyebutkan bahwa kuliner ini tidak hanya ada di bulan Ramadhan saja, namun di hari biasa ada beberapa kios yang menjual kuliner ini. Jadi kamu tidak perlu khawatir tidak dapat menemukannya.

Sponsored:

The Warna Indonesia
Rental Mobil Pontianak
Roti Kap Makanan Khas Pontianak
Produk Oriflame @onlinekatalog

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.