Pontianak Menyapa Dunia, Peringatan Hut Kote Pontianak Ke-244

Pontianak Menyapa Dunia itulah brand yang sekarang lagi booming diantara para Blogger Pontianak. Karena selama bulan oktober ini di kota Pontianak sudah banyak sekali mengadakan acara-acara yang diselenggarakan untuk memperingati hari jadi Kota Pontianak ke-244. Maka kamu tidak usah heran dengan adanya acara-acara yang meriah di kota Pontianak. Pemerintah sendiri dalam merayakan Hut nya yang ke-244 mengangkat tema “Pontianak Menyapa Dunia”

Beberapa acara yang diselenggarakan oleh Bapak Wali Kota Pontianak diantaranya adalah Saprahan, Festival, Permainan Anak Tradisional, Road Show, Drumband, Tari Tradisional, Balap Sampan dan masih banyak lagi. Yok, datang ke Pontianak kamu bakalan merasakan keseruannya yang ada di Kote Pontianak. Oh ya, ada juga info kegiatan yang dapat kamu baca di bawah ini:

Pontianak Menyapa Dunia
pontianakpost.com

Selain acara di atas, Kote Pontianak juga menyimpan sejarah yang panjang serta destinasi wisata serta tempat-tempat yang mengagumkan untuk dikunjungi beberapa di antaranya:

1. Sungai Kapuas

Pontianak Menyapa Dunia
uajy.ac.id

Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Kalimantan Barat dan sekaligus sungai terpanjang di Indonesia. Sungai kapuas juga memiliki keindahannya tersendiri yaitu, kalau sudah minum aek kapuas, biarpun kamu pergi jauh susah untuk melupakannya. So, ketika kamu berkunjung ke Pontianak jangan lupa untuk minum aek kapuas ye.

2. Keraton Kadariah

Pontianak Menyapa Dunia
Steven Jones, Panoramio

Keraton Kadariyah adalah cikal bakal lahirnya Kota Pontianak. Kehadiran Keraton Kadariyah ini tidak lepas dengan sosok seorang Syarif Abdurrahman Alkadrie seorang pemuda yang telah banyak mengunjungi berbagai pelosok Nusantara dan akhirnya membangun sebuah kerajaan di Kota Pontianak.

3. Masjid Sultan Abdurahman Al-qadrie

Pontianak Menyapa Dunia
ujangmasjid.blogspot.co.id

Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie adalah seorang pendiri sekaligus pendiri kota Pontianak. Beliau juga seorang keturunan arab, anak Al-Habib Husein, seorang pendakwah agama Islam di pulau Jawa. Al habib Husein menikah dengan seorang putri Raja Matan Sultan Kamaludin, yang bernama Nyai Tua. Setelah dari pernikahan itu lahirlah Syarif Abdurahman alkadrie yang meneruskan perjalan dakwah Islam di Pontianak.

4. Masjid Mujahidin

Pontianak Menyapa Dunia
jalankemanagitu.wordpress.com

Nama Masjid Mujahidin dimaksudkan sebagai monumen perjuangan ummat. Dengan pemikirin mengabadikan perjuangan kaum muslimin dalam kebersamaan mempersembahkan kemerdekaan Indonesia, khususnya Kalimantan Barat.

5. Tugu Digulis (UNTAN)

Pontianak Menyapa Dunia
id.wikipedia.org

Monumen Sebelas Digulis adalah sebuah monumen yang didirkan sebagai tanda perjuangan sebelas tokoh Serekat Islam yang berada di Kalimantan Barat, yang dibuang oleh Hindia Belanda ke Boven Digoel, Irian Barat. Karena pada saat itu, pemerintahan Hindia Belanda khawatir akan pergerakan mereka yang memicu pemberontakan terhadap pemerintahan Hindia Belanda di Kalimantan Barat.

Atas dasar semua itulah Kote Pontianak ini sudah cukup untuk dapat bersaing di tingkat Internasional dan Tema “Pontianak Menyapa Dunia” sangat pas untuk kote Pontianak tercinta ini. Saya sendiri sangat yakin akan hal ini, suatu saat Pontianak akan menyapa dunia lewat kreasi anak-anak pontianak.

Karena di Pontianak sendiri terdapat 33 Komunitas Anak Muda Kreatif. Untuk mengembangkan serta membuat Pontianak menjadi lebih baik lagi dan lagi. Semoga dengan adanya tema “Pontianak Menyapa Dunia” menjadi doa untuk menggapai sebuah cita-cita besar dalam membangun kote Pontianak.

Leave a Comment