Zakatmu, Harapan Banyak Orang di Indonesia

Zakat? Tahukah kamu apa itu zakat? Pada umumnya zakat dari segi istilah adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan bagi seorang muslim yang diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin dan sebagainya). Zakat dari segi istilah adalahbersih, suci, subur, berkat, dan berkembang hal ini menerut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariat islam. Zakat juga merupakan rukun islam keempat dari rukun islam.

Kewajiban seorang muslim untuk mengeluarkan zakat tertulis di dalam Alquran. Alquran hanya memerintahkan untuk memberikan sedekah (pemberian yang sifatnya bebas, tidak wajib). Namun, sejak berkembangnya zaman, umat islam diperintahkan untuk membayar zakat.

Pada tahun 662 M zakat menjadi hal yang wajib hukumnya, Nabi Muhammad pun melembagakkan perintah zakat ini dengan menetapkan zakat bertingkat bagi yang kaya untuk meringankan beban hidup mereka yang miskin. Zakat telah di terapkan dalam negara-negara islam hal ini tentu menunjukkan bahwa ada pengaturan pemberian zakat, khususnya mengenai jumlah zakat tersebut.

Jenis Zakat

Zakat sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu:

Zakat Fitrah, zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan bagi seorang muslim menjelang Idul Fitri pada bulan suci Ramadhan. Besarnya zakat fitrah ini setara dengan 3,5 liter atau 2,7 kg makanan pokok yang ada di daerah yang bersangkutan.

Zakat Maal (harta), zakat maal dikeluarkan oleh seorang muslim yang mencakup hasil perniagaan, pertanian, pertambanganm hasil laut, hasil ternak, harta temuan, enas, dan perak. Masing-masing jenis zakat ini mempunyai hitungan yang berbeda-beda.

Hak Penerima Zakat

Hak orang-orang yang dapat menerima zakat diantaranya ada dalam Q.S at-Taubah ayat 60 yaitu:

  • Fakir – Orang yang fakir adalah orang yang tidak memiliki apa-apa sehingga tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya.
  • Miskin – Orang miskin adalah orang yang memiliki harta namun tidak cukup untuk memnuhi kebutahan dasar untuk hidup.
  • Amil – Amil adalah orang yang menggumpulkan dan membagikan zakat.
  • Mu’allaf – Muallaf adalah orang yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan dalam penyesuaian diri dengan keadaan barunya.
  • Hamba Sahaya – Hamba Sahaya adalah orang yang ingin memerdekakan dirinya.
  • Gharimin – Gharimin adalah orang yang berhutang untuk kebutuhan yang halal dan tidak sanggup untuk memenuhunya.
  • Fisabilillah – Fisabilillah adalah orang yang berjuang di jalan Allah contohnya pendakwah, orang yang ikut perang dan lain sebagainya.
  • Ibnus Sabil – Ibnus Sabil adalah orang yang kehabisan biaya dalam perjalanan.

Badan Zakat di Indonesia

Di Indonesia sendiri banyak sekali badan zakat salah satunya adalah Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf, serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga).

Dompet dhuafa juga mempunyai gerakan loh yang diberi nama Zakatnesia. Zakatnesia adalah sebuah gerakan yang ingin memperkenalkan program zakat kepada masyarakat tidak hanya sekedar membagikan sembako, namun dapat menyelesaikan masalah pendidikan.

Program-Program Dompet Dhuafa

Dompet dhuafa tidak hanya menyalurkan zakat-zakat kamu saja. Namun, di dompet dhuafa sendiri memiliki 4 program paling utama yang digalakkan terus menerus untuk kemajuan masyarakat Indonesia. Program ini sudah berlangsung sejak lama diantaranya adalah sebagai berikut:

Program Kesehatan

Program Kesehatan - pegbintangkab.go.id
Program Kesehatan – pegbintangkab.go.id

Dalam program ini dompet dhuafa mendirikan berbagai lembaga kesehatan yang bertujuan untuk melayani seluruh mustahik dengan sistem yang mudah dan terintegrasi dengan cukup baik.

Pada bidang kesehatan ini, dompet dhuafa sangat berperan aktif dalam melayani kaum dhuafa sejak tahun 2001. Program yang dilakukan sangat beragam dan dilakukan secara baik bersifat preventif, promotif, dan kuratif.

Program Pendidikan

Program Pendidikan - pegbintangkab.go.id
Program Pendidikan – pegbintangkab.go.id

Pendidikan adalah sebuah aset nasional yang sangat berharga hal ini tentu saja menjadi tolak ukur kemajuan sebuah bangsa. Pendidikan juga dapat mengubah seorang manusia, dunia, dan peradaban.

Dompet dhuafa sebagai lembaga yang bergerak di bidang amil zakat yang ikut mengambil bagian dalam perjuangan mencerdaskan bangsa, mendirikan beberapa jejaring dengan beragam program pendidikan gratis dan juga beasiswa untuk siswa yang berprestasi dan kurang mampu.

Program Ekonomi

Program Ekonomi - tangseltoday.com
Program Ekonomi – tangseltoday.com

Salah satu masalah sosial yang dihadapi Indonesia sejak dulu adalah kemiskinan. Berbagai program dan kebijakan telah dilakukan namun belum mampu mengatasi masalah kemiskinan di negeri ini.Walaupun sebenarnya pertumbuhan ekonomi cukup naik namun Indonesia masih diselimuti kemiskinan yang sangat besar.

Hal inilah yang mendorong dompet dhuafa mendirikan divisi ekonomi. Hal ini bertujuan untuk mendapingi masyarakat melalui berbagai program yang disesuaikan dengan daerahnya agar tercipta lahan pekerjaan baru.

Program Pengembangan Sosial

Program Pengembangan Sosial - indonesiapower.co.id
Program Pengembangan Sosial – indonesiapower.co.id

Manusia sebagaii makhluk sosial pastinya tidak dapat hidup tanpa orang lain. Hal itulah yang mendorong dompet dhuafa ada. Bersama dengan para relawan dompet dhuafa membantu masyarakat yang tertimpa musibah dan mereka yang masih tidak tahu arah.

Program pengembangan sosial ini terus mengalami perkembangan tentu saja mengikuti dinamika yang terjadi di masyarakat. Program pengembangan ini akan terus dikembangan mutu dan variasinya gara dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat khususnya warga miskin di Indonesia.

Video Testimoni Mereka

Kebetulan saat ini bulan suci Ramadhan bagi kamu yang ingin menyalurkan zakat, infaq, shadaqah, wakaf, dan lain-lain bisa menghubungi dompet dhuafa dengan cara klik disini. Di dalam link tersebut sudah dijelaskan secara detail bagaimana cara untuk donasi kepada mereka yang membutuhkan.

Berapa Zakat yang Harus Dikeluarkan?

Kamu tidak perlu bingung dengan pembayaran zakat kamu, karena di dompet dhuafa sudah disediakan fitur untuk menghitung zakat yang harus kamu keluarkan. Karena memang untuk pembayaran zakat diatur dengan nishab (batas minimal jumlah harta) dan juga haul (batas pemilikan harta). Kamu dapat menggunakan fitur kalkulator zakat untuk memudahkan penghitungan berapa besar sih zakat yang kamu harus keluarkan, hitung zakat kamu disini.

Banner Lomba Zakatnesia
Banner Lomba Zakatnesia

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.